Praktikum Anatomi Pada Akar

Selain praktikum di laboratorium saya juga paling seneng bgt futtu, nah salah satu hasil jepretan saya pada saat paraktikum pengamatan anatomi akar adalah dibawah ini....oi ea maf ajj ea ko hasilnya agak butut masalah saya jepretnya pake Hp saya...



Avicennia alba.
Tumbuhan Avicennia alba gtergolong dalam tumbuhan dikotil. Dari preparat ini dapat kita simpulkan bagian-bagian dari akar dikotil. Bagian paling luar adalah epidermis, tetapi setelah tua hilang dan digantikan dengan jaringan gabus yang tersususn atas felogen. Jaringan selanjutnya adalah parenkim korteks yang  mengandung amilum. Pada jaringan pengangkutnya terdapat  xilem sekunder dan primer karena aktivitas kambium. Selain itu Jaringan penguat berupa sklerenkim yang tersebar di antara parenkim korteks.



Zea mays
Foto disamping adalah penampang melintang dari akar Zea mays atau jagung. Zea mays merupakan tumbuhan monokotil, sehingga cirri-ciri anatomi akarnya adalah berkas pengangkut semuanya radial, yaitu membentuk jari-jari berselang-seling antara xilem dan floem). Kemudian jaringan terluar epidermis dan dibawahnya hipodermis atau eksodermis. Korteks  tersusun atas jaringan parenkim dengan bagian terdalam membentuk lapisan endodermis yang berdinding tebal (sebagai batas korteks dan stele).Akan tetapi tidak semua lapisan sel-sel lapisan endodermis berdinding tebal, ada yang tidak mengalami penebalan disebut sel peresap (agar dapat dilalui larutan), penebalan endodermis dengan pita kaspari. Di bawah lapisan endodermis terdapat  sel-sel yang berdinding tipis yaitu perisikel. Stelenya  tersusun atas berkas pengangkut dan empulur. Berkas pengangkut (floem dan xilem) umumnya membentuk jari-jari, tetapi ada juga yang membentuk kelompok. Banyaknya jari-jari floem dan xilem ada 2,3,4,5 dan seterusnya dengan sebutan Diark (2), Triark (3), Tetrak (4), Pentarch (5) dan Poliark (apabila banyak).

 










Pinus merkusii.
Pinus tergolong dalam tumbuhan gymnospermae, dari preparat ini dapat kita lihat susunan dari penampang melintangnya, akar pinus hamper sama dengan akar tumbuhan dikotil pada u munya. Hanya saja pada preparat pinus ini ditemukan saluran resin atau saluran hars yang terletak di xylem.

0 komentar:

Catatan ini adalah tempatQu melahirkan tulisan yg beruntaikan kata-kata yg Qu anggap sebagai corat-coret iseng belaka, semoga coretanQu ini bisa dijadikan sebagai penyambung silaturahmi antara kita oleh karena itu, hayu gabung di catatanQu ini agar kita bisa lebih dekatan>...

Followers