Annona muricata (Sirsak)
 

Sirsak (Annona Muriata) merupakan tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, paling banyak ditanam di daerah yang cukup berair. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dia atas permukaan laut. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.Pohon sirsak bisa mencapai tinggi m9 meter.

Nama Lokal :
nama daerah Sirsak (Indonesia) Nangka Sabrang,Nangka Landa (Jawa) Nangka Walanda Sirsak (Sunda) Nangka buris (Madura) Srikaya jawa (Bali) Deureuyan Belanda (Aceh) Durio Ulondro (Nias) Durian Betawi (Minangkabau) Jambu Landa (Lampung)

Kerajaan : Plantae
Devisio : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Magnoliales
Familia : Amnonaceae
Genus : Annona
Spesies : Annona muricata

DESKRIPSI MORFOLOGI :

DAUN
mempunyai Daun sirsak berbentuk bulat telur agak tebal dan permukaan pada bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna yang lebih muda.

AKAR
akar buah sirsak berupa akar tunggang

BATANG
mempunyai batang berkayu dan dapat hidup menahun

BUNGA
bunga tunggal dalam berkas 1-2 berhadapan / disamping daun mahkota daun mahkota segitiga

BUAH
berbentuk majemuk agregat bertekstur empuk daging buahnya berwarna putih berbiji banyak dan mempunyai duri yang pendek mempunyai cita rasa yang manis

BIJI
biji dalam satu buah agregat berjumlah banyak berwarna hitam mengkilat

0 komentar:

Catatan ini adalah tempatQu melahirkan tulisan yg beruntaikan kata-kata yg Qu anggap sebagai corat-coret iseng belaka, semoga coretanQu ini bisa dijadikan sebagai penyambung silaturahmi antara kita oleh karena itu, hayu gabung di catatanQu ini agar kita bisa lebih dekatan>...

Followers